in life style

Flash Vlogging “Menuju Indonesia Maju”, Geliat Kreativitas Vlogger Muda Lampung

Berawal dari info yang kudapatkan dari komunitas Tapis Blogger, saya ikut mendaftarkan diri pada acara Flash Vlogging “Menuju Indonesia Maju, yang bertempat di Novotel Lampung pada hari Jumat, 13 Juli 2018. Padahal aslinya, saya cuma modal nekat aja ikutan. Wong, aslinya saya hanyalah mamak-mamak gaptek yang hobi nge-blog dan kebetulan punya channel YouTube πŸ˜….

Tapi, dikarenakan registrasi FREE (Mamak-mamak mah, diskonan aja doyan, apalagi gretongan 🀣🀣) dan kebetulan setelah registrasi tahu-tahu saya dicemplungin ke grup WA sama panitianya, sok atuh. Lanjuut.

Sempat hampir aja batal ikut, karena mendadak Jumat paginya saya ada rapat di kantor. Tapi karena setelah bolak-balik tengok grup WA, banyak juga peserta yang dari luar kota datang, saya jadi bertekad, okelah, saya akan datang setelah rapat. And…here I am.

Dilihat dari jadwal tersebut, acara yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan sambutan-sambutan. Yang sayang sekali, semua ini terpaksa saya skip, karena keterlambatan saya.

Saya akhirnya tiba ketika sudah mulai materi “Sudut Istana” dari Tim Komunikasi Presiden, Bpk Andoko Darta. Di sini kami latihan siapa paling gesit subscribe channel YouTube “Sudut Istana” lalu share link dan menulis tweet dengan hastag yg sudah ditentukan. Iya duung, penggiat sosmed harus bisa lincah nulis status, kan 😁😁 Nah, yang paling cepat, dia yang dapat. Ini dia pemenangnya.

Acara selanjutnya yang paling saya sukai yaitu yang dibawakan oleh Content Creator yang lumayan famous di Indonesia; bang Rio Ardhilah. Yup, beliau adalah seorang YouTuber, Comedian, Penyanyi juga dan bahkan sudah menulis satu buku solo berjudul “Bonsai Boy”.

Dalam kesempatan ini, beliau berbaik hati berbagi tips untuk para Vlogger, sebagai berikut:

1. Kenali baik-baik apa potensimu

2. Berani mencoba

3. Teruslah berlatih menjadi lebih baik.

4. Konsisten

Selesai materi, acara harus dijeda ishoma, kebetulan juga bertepatan waktunya sholat Jumat. Kami dibatasi waktu sampai jam dua siang untuk sekalian membuat video bertemakan “Menuju Indonesia Maju” dengan menggunakan konten yang sudah dibagikan sebelumnya, tidak lupa memasukkan video ketika acara berlangsung. Wah, ini dia challenge-nya!

Saya yang cuma tahu dua aplikasi android untuk membuat video, itupun baru sekali dua kali coba, jadi sangat merasa tertantang. Belum lagi melawan rasa malu tampil depan kamera karena ke-introvert-an saya. Hahaayyyy 😁😁

Oya, selama berada di Novotel, tersedia WiFi khusus untuk pengunjung hotel, yang sangat membantu kegiatan kami. Download upload video jadi terbantu kan.

Tak hanya itu, makan siang pun tersaji lengkap di restaurant, lihatlah hidangan yang saya pilih. Maklumlah, jarang-jarang saya bisa menikmati menu ala resto, yang ini free pula! Woaa, lope-lope so much buat Novotel, panitia Flash Vlogging dan Tapis Blogger-lah! 😘😘

Usai ishoma, kami kembali ke ballroom dan diminta untuk segera mengumpulkan video. Yang punya YouTube, boleh kasih link saja. Atau bisa juga kumpul dalam flashdisk. Lalu menyusul materi selanjutnya. Dalam materi “Bijak Bermedia Sosial” yang dibawakan oleh Bpk Gun Gun Siswadi, kami jadi lebih paham mengenai UU ITE. Sebut saja Pasal 45 Ayat (3) yang melarang pengguna sosmed melakukan pencemaran nama baik, bisa di-sanksi bui selama 4 (empat) tahun atau denda maksimal 750 juta.

Wah, sebagai pengguna sosmed, siapapun mestinya bijak ya. Berhati-hati menggunakan sosial media dan stop HOAX! Jangan sampai deh postingan-mu membawamu ke-bui. Naudzubillah.

Lalu, tibalah pengumuman untuk kontest tweet terbanyak dan tercepat. Selamat untuk Mbak Naqiyyah yang sudah membuat postingan tweet terbanyak selama acara Flash Vlogging Lampung.

Setelah itu, barulah panitia mengumumkan pemenang kompetisi video. Juara yang mestinya hanya terdiri dari juara 1, 2 dan 3 jadi punya tambahan juara harapan. Yup, saking kreatifnya Vlogger Lampung. Yihaaa.

Juara 1 Reksa

Juara 2 Ramanda

Juara 3 Ica

Juara Harapan Erika


Selamat ya untuk para juara. Yang penasaran pengen liat video sang juara satu, klik link ini:

https://youtu.be/J7FD3Q77YsE

Setelah itu, kami foto bersama deh.

Tak lupa, usai foto bersama, Babang Rio tiba-tiba menyampaikan sebuah kejutan. Katanya ada sebuah video yang beliau apresiasi karena terbilang unik. Tahukah video siapa? Ternyata karya saya, teman-teman. Huwaaaaa πŸ˜πŸ˜…πŸ˜‹πŸ˜‹ Saya jadi ngerasa geli sendiri apalagi pas panitia meminta saya hadir ke depan panggung. Me? Seriously? An introvert one? Tapi karena terbawa suasana juga, akhirnya saya beranikan diri melangkah. Hiyaaa. Lihat di sini.

Dan kalo mau tengok video lengkap yang kubuat dalam waktu singkat, tengok di sini.

https://youtu.be/TEdAmohhpQU

Sebelum pulang, kami semua diminta mengumpulkan lembar kritik saran, lalu masing-masing mendapatkan goodie bags yang bisa teman lihat di gambar berikut (Sst, ada duitnya juga loh 😍😍):

Wah, banyak sekali ya yang saya dapatkan dari acara ini. Saya sangat merasa beruntung telah mendaftar dan terpilih menjadi salah satu peserta. 

Terimakasih untuk semua panitia acara Flash Vlogging dan Kementerian dan Dinas Kominfotik Provinsi Lampung khususnya karena telah menyelenggarakan acara yang begitu bermanfaat ini. Menuju Indonesia Maju, Majulah Vlogger Lampung!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

29 Comments

    • Walahh, bukan pemenang Mbak 😁😁 Saya cuma disuruh maju ke depan gara2 ya itu, masukin nyanyianku di video 🀣🀣

    • Haha, makasih ya Mbak 😁 Ini berkat mengikuti komunitas yang sangat bermanfaat, jadi ikut tertular semangat πŸ€—πŸ€—

  1. Wahhh bermanfaat banget ilmunya yang ingin belajar untuk ngevlog.
    bener banget, temukan potensi dalam diri, kembangkan, dan konsisten.

    Terima kasih untuk sharingnya mbak πŸ™‚

    • Huwaaaaa 😁😁 dulu mah saya minderan parah atuuhh, untung kita kenal setelah sy jadi pede. Heyaaaa 😊😊

Webmentions

  • Milad Kedua Tapis Blogger yang Mempesona (Intip Juga Yuk, 7 Tips Meningkatkan Follower Instagram dan 7 Manfaat Bergabung dengan Tapis Blogger) – Emmy's site 2018-08-09

    […] dia salah satu acara bermanfaat yang saya ikuti setelah bergabung dengan Tapis […]