in life style

Siapkan Dirimu Hadapi Industri 4.0 (Rangkuman Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika (SELISIK 2018) oleh STT Bandung)

Hari Sabtu lalu, tanggal 1 September 2018, ada acara keren banget yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Bandung, yaitu Seminar Nasional Telekomunikasi dan Information (SELISIK 2018). Bertempat di Harris Convention Festival Citylink Bandung, acara ini juga bekerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Jawa Barat, Indonesian Computer Electronic and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan NERIS. 

Selain itu acara ini juga didukung Perguruan Tinggi lainnya yaitu STIKOM Bali, STIMIK AMIKOM Purwokerto, AMIKOM Cipta Darma Surakarta, STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang, STIKOM Banyuwangi, STMIK Bumigora Mataram-Nusa Tenggara Barat, STMIK PalComTech Palembang, Politeknik PalComTech dan MIKROSKIL.
Berikut susunan acaranya:

Setelah beberapa sambutan antara lain oleh ketua panitia SELISIK 2018, Ibu Harry Gusdevi, S.Kom., M.Kom. juga pembukaan oleh Koordinator Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Bapak Uman Suherman, AS., M.Pd. juga diadakan penandatanganan MoU IndoCEISS dan NERIS sebagai wujud kerjasama.

Pemateri pertama adalah Bapak Ir. Priyantono Rudito, M. Bus. Ph. D. Beliau adalah Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Manajemen Strategis.

Jadi, apa sih maksudnya industri 4.0 itu? Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan dan komputasi kognitif. (Sumber: wikipedia)

Industri 4.0 bertujuan untuk menghasilkan “pabrik cerdas”. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. 

Singkat kata, kalau semuanya sudah menggunakan sistem internet. Siap gak siap, suka gak suka, zaman now perkembangan teknologi memang sangat cepat. Hampir tidak ada seorang manusiapun yang tidak pernah tersentuh teknologi. Semua rata-rata hidup membutuhkan internet. Bahkan sudah banyak fasilitas open source di ruang publik yang menyediakan akses internet. Begitu juga perkembangan gadget yang semakin canggih ke depannya.


Internet tak hanya bertujuan untuk mempermudah komunikasi, tapi juga mempermudah segala aktivitas kita dalam segala aspek. Contoh ringannya aja: penggunaan gojek. Gojek tak hanya memudahkan kita yang membutuhkan transportasi secara efektif (dari lokasi kita langsung menuju lokasi tujuan) tapi juga memudahkan kesehariannya (go-food, go-send, dll)

Ini baru satu contoh saja. Bahkan, kabarnya ada payung yang bisa digunakan tanpa sentuhan, yaitu bisa disebut juga dronbella (gabungan payung dan drone). Can you imagine?

Apa saja yang diperlukan untuk menuju industri 4.0? Ini dia:

Intinya, untuk menghadapi industri 4.0, aspek utama yang harus disiapkan adalah SDM-nya. (Bapak Priyantono Rudito, Ph.D)

Lanjut, materi berikutnya oleh Bapak Prof. Dr. Suyanto, MM, yang juga merupakan Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Menurut beliau, ada empat macam sumber daya manusia di masa depan, yaitu:

  • Professional
  • Enterpreneur
  • Scientist
  • Artist

Keuntungannya, kita bisa memperluas jaringan dengan memanfaatkan teknologi ini.

Oya, selain kedua materi tadi ada juga pengumuman pemenang kompetisi SELISIK 2018. Siapa aja sih juara yang berhasil menciptakan aplikasi canggih dengan berbagai kategori? Ini dia:

Wah, keren banget ya, mahasiswa zaman now, memang harus seperti ini. Tak hanya cerdas dalam pelajaran, tapi juga turut mampu mewarnai teknologi. 

Tapi, by the way, seminar ini buat saya jadi teringat film Doraemon deh. Sebenarnya perkembangan teknologi 4.0 sudah terpikirkan sejak dulu banget kan. Wah, semoga dengan adanya acara ini, salah satunya, bisa membuka mata kita, untuk ikutan melek teknologi dan pada akhirnya Indonesia siap untuk bersaing dalam skala internasional. Go Indonesia!


#MakingIndonesia4.0

#Selisik2018

#STTBandung

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

14 Comments

  1. Setujuuu…untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Hmmm mantap ni acara, berbobot dan bermanfaat…

  2. Semakin menyadari kalau segala perubahan disekitar adalah tantangan kita terutama sebagai orangtua, jadi harud jadi orangtua yang main cerdas ya mbak 😀😆