in life style, Review

Milad Kedua Tapis Blogger yang Mempesona (Intip Juga Yuk, 7 Tips Meningkatkan Follower Instagram dan 7 Manfaat Bergabung dengan Tapis Blogger)

Tempo hari tepatnya pada hari Minggu, tanggal 2 September 2018, saya berkesempatan menghadiri acara puncak Milad Tapis Blogger yang kedua. Acara ini bertempat di Papa Tom’s Cafe di Jl. Kimaja Way Halim Bandar Lampung, saya bisa bertemu teman-teman Tapis Blogger sekalian deh menyaksikan acara seru “Meningkatkan Follower Instagram” bersama Kak Alejenes, seorang foodies pemilik akun IG @kuliner_lampung dengan follower 220 K.

Mbak Desma selaku MC acara Milad Tapis Blogger

Jadi, mulanya Tapis Blogger ini diawali dari pertemuannya Mbak Naqiyyah Syam dan mbak Heni Puspita, pada tahun 2016 lalu. Keduanya akhirnya memutuskan untuk membangun suatu wadah yang menampung blogger di Lampung. Awalnya, komunitas ini cuma terdiri dari empat orang anggota saja, selain mereka berdua, ada juga Fifi Restiana dan Izzah Annisa. Kemudian tak lama berkembang menjadi komunitas blogger khusus perempuan.

Mbak Heni, Co-founder Tapis Blogger

Pada akhirnya, seiring berjalannya waktu dan semakin banyak peminatnya, Tapis Blogger pun terbuka untuk laki-laki juga. Hingga kini anggota Tapis Blogger sudah mencapai sekitar 300 orang dari segala kalangan.

Seru banget ya ternyata! Tanpa terasa tepatnya 31 Agustus lalu, Tapis Blogger sudah berusia dua tahun lho. Saya pribadi masih terbilang baru bergabung dengan Tapis Blogger, belum ada setengah tahun. Berawal dari ditawari seorang teman seangkatan waktu SMU dulu yang kebetulan sama-sama punya hobi menulis.

Bang Sandi, Blogger Lampung

Selain penjelasan sejarah berdirinya Tapis Blogger oleh Mbak Heni, ada juga sharing dari blogger senior yang sudah berpenghasilan jutaan dari blognya, yaitu Bang Sandi Prayoga. Bang Sandi berharap komunitas ini semakin berkembang dan bisa memperkenalkan Lampung kepada dunia.

Berikutnya sambutan dari Mbak Naqi, founder Tapis Blogger. Beliau menyampaikan bahwa ke depannya Tapis Blogger akan meningkatkan kerja sama dengan UMKM di Provinsi Lampung. Wah, menarik nih. Saya setuju sekali!

Mbak Naqi, Founder Tapis Blogger

Lalu, berlanjut acara yang ditunggu-tunggu, sharing dari Kak Alejenes, penasaran?

Kak Ale, Pemilik Akun Kuliner Lampung didampingi Mbak Novi (Sekretaris Tapis Blogger)

Ini dia tips untuk meningkatkan follower Instagram yang saya rangkum dalam 7 poin, yaitu:

1. Rutinlah posting di IG, minimal 1 foto per hari.

2. Fokuslah pada satu tema sama. Ketika banyak orang berpikir bisa meraih semua, Kak Ale fokus pada satu tema saja, yaitu: kuliner lampung alias makanan.

3. Promosikan IG kita, ajak kawan-kawan untuk follow IG kita lalu kita folbek juga IG mereka. Dalam bekerja tidak melulu soal profit yang dipikirkan tapi juga unsur kemanusiaan yang akhirnya membuat IG kita jadi besar dan terkenal.

4. Tag akun besar, seperti akun artis. Siapa tahu nanti dapat like dari mereka. Hal itu akan mengangkat IG kita juga.

5. Komitmen dalam memakai hastag. Gak perlu banyak-banyak hastagnya. Kak Ale saja hanya memakai dua hastag, kulinerlampung dan lampungkuliner. Dari situ banding itu dimulai, Ale ya Kuliner Lampung, Kuliner Lampung ya Ale, jadi? Siapapun sudah melekat dipikirannya, Kuliner Lampung.

6. Ulet, konsisten dalam berusaha. Kak Ale sendiri awalnya sepi like. Hal ini terus terjadi hingga enam bulan pertama. Tapi karena kerja kerasnya, hingga kini akun IG-nya sudah memiliki 220 K. Inilah kunci kesuksesannya hingga menggaungkan nama Lampung di Nusantara lewat Kuliner Lampung. Salah satunya melalui acara kuliner Lampung di taman gajah tempo hari, yang bahkan sempat menjadikan sistem gojek error karena membludaknya pesanan go-food saat itu.

7. Tunjukkan komitmen dengan mengubah akun IG personal menjadi IG bisnis. Tapi sebelumnya kita buat dulu FB page.

Acara pun berlanjut dengan pemotongan tumpeng. Wah, lezat sekali nih, tumpengnya.

Nasi Tumpeng Milad Kedua Tapis Blogger

Oya, acara bermanfaat ini didukung banyak sponsor lho, antara lain:
1. Papa Tom’s Cafe
2. Thasya Busana
3. Nuola Food
4. Has’t Coffee
5. Rumah Kue Maya
6. Puspa Home Snack Lampung
7. Randang Ambo
8. Dapoer Nomay
9. Al Mitry Indo
10. Yara Art and Craft
11. Lampung Banana Foster
12. Diarra Queen Spa

Sponsor Acara Milad Tapis Blogger

Sponsor-sponsor ini adalah mereka yang pernah mengadakan kerjasama dengan Tapis Blogger.

Sambal Enak dari Rumah Kue Maya

Puspa Home Snack Lampung

Durian Goreng dari Dapur Noemay

Gak heran, dari 30-an peserta yang hadir, semuanya kebagian hadiah. Yeay! Lihat saja di sini.

Wow! Saya sendiri akhirnya mendapatkan voucher perawatan di Diarra Queen Spa. Asyik, bisa nyalon lagi niih.

Selain itu, ada juga pengumuman pemenang event-event yang diadakan Tapis Blogger, antara lain lomba blog tematik Ramadhan dan lomba video milad Tapis Blogger. Ada juga event yang diadakan sepanjang acara yaitu, lomba foto acara milad dan lomba foto sponsor acara di Instagram.

Bang Rasuane, juara satu lomba video Milad Tapis Blogger

Pemenang yang terpilih untuk event lomba blog tematik Ramadhan, antara lain:
1. Anggun Josie Pasemawati dengan IG @anggunjosiepasemawatii
2. Rasuane dengan IG @razzone_14
3. Rika dengan IG @rika_altair

Untuk event lomba video milad Tapis Blogger dimenangkan oleh:
1. Rasuane dengan IG @razzone_14
2. Yandigsa dengan IG @yandigsa
3. Dwi Septiani dengan IG @dwiseptiani.dwi

Juara Lomba Blog Tematik Ramadhan Tapis Blogger

Asyik sekali kan jadi anggota Tapis Blogger.

Saksikan video acara lengkapnya di sini ya:
360_12_0.85_Sep132018

Manfaat untuk saya pribadi setelah bergabung di komunitas ini antara lain:

1. Jadi tambah teman atau tambah kenalan. Tak hanya sesama penulis. Beberapa juga orang media atau jurnalis. Jadi inget waktu SMU dulu saya sempat punya ketertarikan di bidang jurnalistik. Tepatnya waktu berorganisasi di Rohis sebagai Koordinator Bidang Seni dan Jurnalistik.

Kalau yang ini, buku hasil karya salah satu anggota Tapis Blogger.

2. Jadi dikenal orang juga. Hihihi. Sesungguhnya saya tadinya hanyalah seorang introvert yang biasa dengan kesendirian. Bahkan di tempat kerja pun juga tidak banyak yang kenal saya. Tapi karena kewajiban sebagai blogger kadang harus meliput acara tertentu, jadilah saya turut dikenal, selain dikenal teman-teman di komunitas, juga partner Tapis Blogger, alias bisa dibilang saya “numpang tenar”. Eaaa πŸ˜€

3. Nge-blog jadi tambah semangat. Memang betul, kalau kita mau tambah semangat nulis ya gabung di komunitas menulis. Mau tambah nge-blog ya gabung di komunitas blogger. Apalagi ada yg sekota, dijamin bakal tambah semangat lagi. Karena bisa bertemu langsung dengan teman-teman yang berhobi sama.

4. Jadi tahu lebih dulu kalau ada event-event di Lampung. Dulu, saya biasanya tahu acara event di Lampung seperti festival krakatau atau festival kuliner dan lainnya dari koran. Itupun seringnya telat tahunya. Pas udah mau selesai baru saya tahu ada event. Nah, setelah gabung dengan Tapis Blogger saya jadi tahu event kece di Lampung lebih dulu dari teman-temanku yang lain nih.

5. Tambah banyak ilmu, baik tentang blog maupun ilmu lainnya. Dengan mengikuti berbagai event kerja sama Tapis Blogger saya jadi bisa menambah berbagai ilmu. Sebagai contoh, saya bisa dapat ilmu tentang kesetaraan gender ketika saya mengikuti acara “Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dalam Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung” bersama Dinas PPPA Provinsi Lampung.

Ini dia salah satu acara bermanfaat yang saya ikuti setelah bergabung dengan Tapis Blogger.

6. Dapat penghasilan dari nge-blog. Nah, ini yang buat saya terharu. Selain ilmu, ternyata kita juga bisa mendapatkan penghasilan sebagai blogger. Ada beberapa event yang saya ikuti, di mana saya mendapatkan bayaran atas tulisan yang saya buat di blog. Wah, jadi terharu. Karena saya membuat blog ini awalnya sebagai tempat curhat. Lama-lama asyik juga ya kalo diseriusin. πŸ˜€ Tapi tentunya saya perlu banyak belajar dari ahlinya nih.

7. Jadi banyak membuat tulisan bermanfaat bagi orang lain. Tambahan lagi, kudu membangun branding positif. Karena blogger dan sosmed, adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Kadang brand tertentu ketika mengajak kerja sama juga turut memperhatikan sosmed si blogger itu sendiri. Rasanya gak mungkin diajak kerja sama kalau blogger-nya masih suka bikin status galau atau keluhan misalnya. Eaa. Jadi mau gak mau, lebih bijak lagi ya menggunakan sosial media.

Barangkali ini bisa bermanfaat, baca yuk Manajemen Waktu untuk Mom Zaman Now

Aku bangga menjadi bagian dari Tapis Blogger

Jadi, buat kamu yang berdomisili di Lampung, aktif menulis di blog, boleh banget deh bergabung dengan Tapis Blogger. Dijamin, gak bakal nyesel deh!

#Milad2TapisBlogger
#LombaBlogMilad2TapisBlogger

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

45 Comments

  1. Catat dah tips IGnya..
    Keren followernya bisa segitu banyaknya
    Happy Milad Tapis Blogger. Moga makin sukses ya

  2. Yang pertama selamat milad yang kedua untuk tapis blogger. semoga kedepannya tambah kompak dan lebih menebar manfaat untuk sesama blogger Lampung.

    Wah sayang ya.. Saya nggak bisa ikutan pada acara milad yang kedua ini.

    Terima kasih juga udah share tipsnya bisa dicoba nih buat nambahin followers IG nya.

    • Wah, alhamdulillah kalau bermanfaat. Semoga lain waktu bisa hadir bersama ya, biar kita kenalan πŸ˜€

  3. Kenapa lagi-lagi saya bacanya Lapis Bogor, ya? Lapaaar … Saya jadi bertanya-tanya nih, ada komunitas blogger nggak ya, di kota saya. Pasti asyik, banyak teman dan ilmu seperti caranya Tapis Blogger.

  4. Wah, ternyata Mbak Heni sama Mbak Naqi berdua to yang pertama kali bentuk tapis Bloigger? keren ya, progresnya terbilang cepat. Sudah 2 tahun dan banyak kegiatan. Bangga, dong, Mbak Emmy jadi salah satu membernya .

  5. Hihi aku salah fokus sama senyum adek manis di akhir artikel. soal manfaat ngeblog. Aku pribadi banyak sepakatnya nih sama Mba Emmy~
    Konsep menulis di blog itu emang seolah kita menulis untuk org lain. Padahal manfaat buat kita juga banyakkkkks~

Webmentions

  • Bukan Sensornya yang Diperketat, Melainkan Nontonnya yang Dipilah (Review Talk Show “Budaya Sensor Mandiri Bijak Membentuk Generasi”) – Emmy's site 2018-09-19

    […] banyak manfaat. Kalau buat saya pribadi manfaat jadi anggota Tapis Blogger bisa kamu baca di sini . Sst, dapetin juga tips meningkatkan follower Instagram di situ (uhuy). Yuuk, gabung bersama kami […]