in Uncategorized

Karena Selalu Ada Resiko dalam Setiap Keputusan yang Kau Ambil (Review Labirin karya Aci Baihaqie)

Labirin karya Aci Baihaqie

Judul Buku: Labirin

Penulis: Aci Baihaqie

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Tahun: 2017

ISBN: 978-602-455-193-3

Jumlah: 358 hal

Blurb:

Berbagai episode hidup telah dilewati Ayla, hingga pada suatu saat, ia membuat satu keputusan yang membawanya pada penyesalan panjang dan menyeretnya menuju sebuah labirin yang rumit. Labirin masa lalu itu harus ia lewati satu per satu, sehingga pada akhirnya, ia bisa menemukan jalan keluar, dan dengan rela melepaskan bagian yang amat berharga dalam hidupnya.

Sejak kata pertama novel ini sudah berhasil membawa saya ke dunia Ayla. Penggambarannya yang jelas dari mulai karakter, penampilan, hingga setting-nya yang berpindah-pindah, dari dalam dan luar negeri.

Novel ini akan mengajarkan kamu bagaimana proses melupakan seseorang.

Cover belakang Labirin

Saya juga terpana tentang penggambaran pekerjaannya yang bener-bener klik. Jadi semacam pengetahuan tersendiri bagi saya seperti apa sih pekerjaan seorang arsitek itu. Ketegangannya saat memipin rapat dan meyakinkan pemegang saham sangat meyakinkan.

Jangan lupa juga dua sahabatnya yang juga bisa membuatmu jatuh cinta, Igo dan Emi. Duo sahabat yang top banget. Dan saya pun sempat terkecoh di awal cerita, salah menduga tentang siapa yang dicintai Ayla.

Selain itu, penulisan quote pada setiap permulaan babnya menjadikan novel ini lebih menarik dan bikin baper. Coba saja simak contoh quote yang dituliskan sebagai pembuka bab III:

You don’t get someone to fall in love with you, they fall in love with you because of who you are.

(Amy Raudenfeld, Faking It TV Series)

Tapi, hati-hati dengan alurnya yang maju mundur, mungkin itu juga mengapa novel ini dinamakan Labirin. Kamu harus menyingkap misterinya sehelai demi sehelai. Supaya terungkap alasan logis yang menjadikan Ayla mengambil keputusan terberat dalam hidupnya, menyangkut cinta dan cita-cita.

Kalo lo cinta sama seseorang, akan bosan enggak?

Kira-kira itu juga yang menjadikan hikmah dalam novel ini. Bijaksanalah dalam mengambil keputusan. Kamu tahu ada hal yang prinsipal yang tak boleh dilanggar dalam hidup ini. Kamu juga tahu membangkang pada kedua orangtua itu betul-betul tidak boleh. Dan point terpenting: setiap keputusan PASTI ada resikonya. Kamu harus siap. Kamu harus kuat.

Ini adalah satu dari beberapa novel yang berhasil membuatku menangis saat membaca episode-episode terakhirnya. Membayangkan saya sendiri yang mengalami apa yang Ayla alami. Perih. Benar-benar salut untuk penulisnya.

Kenapa aku yang menangis paling hebat? Padahal akulah si penyebab luka itu sendiri.

Baca buku ini jika anda sedang dalam pencaharian soulmate sejati.

Labirin karya Aci Baihaqie

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Webmentions

  • Antara Hujan dan Proses Melupakan di Masa Depan (Review “Hujan” karya Tere Liye) – Emmy's site

    […] ini akan mengajarkanmu bagaimana proses melupakan […]