in Uncategorized

Ketika Sebuah Usaha Mengatasi KDRT Dipadukan Kisah Romance Remaja (Review “Insecure” Karya Seplia)

Insecure karya Seplia

Judul: Insecure

Penulis: Seplia

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 9786020327662

Cetakan: 2016

Blurb:

Cover belakang “Insecure” karya Seplia

Zee Rasyid dan Sam Alqori satu bangku di tahun terakhir SMA mereka. Sikap Zee yang tertutup perlahan melunak dengan kehangatan yang ditawarkan Sam.

Apalagi ketika Zee melihat kondisi keluarga Sam yang sederhana, berbeda jauh dari kehidupannya dengan sang mama.

Pelan-pelan kedekatan Zee dan Sam membuat kepribadian masing-masing berubah. Hidup yang mereka jalani tak lagi terasa aman.

Apa yang kamu pikirkan saat melihat cover buku ini? Aku sempat mengira ini semacam naskah thriller karena melihat tangan yang berdarah-darah. Tapi ketika baca blurb-nya, wah, naga-naganya ke arah romance ceritanya.

Tapi jika kamu mengira akan mendapatkan kisah romance teenlit biasa dari novel ini, kamu salah besar! Novel ini memang menghadirkan tokoh-tokoh remaja, namun kisah yang dituliskan begitu dewasa dan permasalahan cukup pelik untuk dialami anak seusia mereka.

Bagaimana seorang remaja hidup di tengah keluarga yang kacau balau, sampai-sampai hampir selalu terjadi KDRT di dalamnya. Namun, sang korban malah menutupi semuanya, dengan alasan cinta dan demi keluarga. Hiks.

Sebuah novel yang mengajarkanmu untuk lebih menghargai hidup, baca reviewnya yuk!

Penggambarannya begitu nyata. Dengan menggunakan sudut pandang orang pertama yang berpindah-pindah antara Zee dan Sam, justru feel-nya jadi tambah terasa. Eksplorasi emosi dan perasaannya jadi jelas. Dan meski satunya perempuan, dan satunya lelaki, tapi bahasanya si penulis bisa disesuaikan dengan baik sesuai karakter mereka.

Dan aku suka akan beberapa quotes yang menginspirasi dari novel ini, antara lain:

“Beberapa orang nggak siap jadi orangtua, yang lainnya stres oleh beban hidup. Orang baik bisa berubah jahat, kapanpun itu kalau dia terjepit oleh keadaannya yang nggak menguntungkan.”

Aku tertohok banget dengan quotes ini. Masya Alloh, bisa banget ternyata hanya dengan membaca novel Young Adult orangtua sepertiku terinspirasi mendapatkan ilmu parenting baru.

Ada lagi quotes berikutnya:

“Lo nggak usah cemas. Orang-orang macam gue sering dapat nilai tinggi dalam ujian akhir ketimbang siswa yang cerdas. Sudah banyak buktinya, kan?”

Uhuk! Menjengkelkan! Tapi emang bener sih. Aku yang selalu duduk paling depan di kelas dulu juga kalah sama mereka yang sering bolos. Huwaaaaaaaaaa.

Novel ini mengajarkan kita untuk tidak diam, berani mengambil langkah saat punya masalah, berani minta bantuan jika diperlukan.

Berjuanglah untuk impian. Jangan dengarkan omongan orang yang meremehkan apa yang kau sukai. Kamu harus berani menjadi diri sendiri. Jangan karena kebanyakan orang mengambil jurusan Kedokteran, dirimu merasa wajib ambil jurusan itu juga, meski bertentangan dengan kata hati. Contoh saja seperti apa yang terjadi pada Pak Gio, guru mereka.

P.S. Bagian ini sesungguhnya menohok saya yang sudah salah pilih jurusan namun kini usia sudah tak lagi muda 🙃

Dan ada juga beberapa bait tentang mencari pasangan. Seperti yang dikatakan seorang tokoh di sini:

“Ternyata kita tidak bisa belajar untuk mencintai, sebab hati kita akan mencintai dengan sendirinya. Jauh dari dalam lubuk hati ini, kita tahu sebenarnya kepada siapa hati kita memilih jatuh.”

Bikin baper kaaannnn?

Tidak lupa kuingatkan, kamu bisa baca buku ini secara free melalui aplikasi Ipusnas. Seperti hobi baruku saat ini, berburu buku-buku keren di Ipusnas.

Cinta segitiga antara manusia dan hantu? Baca review salah satu novel yang kubaca di ipusnas ini!

Aplikasi Ipusnas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.