Wajah sumringah mewarnai suasana ruangan. Ada haru di tengah degup jantung yang berirama kencang. Tak lama lagi mereka akan melepas gelar mahasiswa.

Ya. Inilah suasana Wisuda Angkatan XIV yang digelar Sekolah Tinggi Teknologi Bandung pada hari Sabtu, tanggal 11 Januari 2020 lalu, di Harris Hotel & Conventions Hall. Meski tak bisa menghadiri langsung ke acara ini namun berkat sharing foto maupun video dari teman-teman Pasukan Blogger Joeragan Artikel, aku pun serasa mengikuti rangkaian acara syahdu yang digelar.

Pertama yang terlintas aku begitu terpesona dengan paduan warna yang dihadirkan. Sebagai penggemar ungu, tentu saja dekorasi ruangan bagiku begitu memanjakan mata. Sempat kumengira, jubah dan toga yang dikenakan peserta pun berwarna ungu, ternyata tidak. Justru dengan birunya toga mereka menjadi suatu paduan yang cantik dengan dekorasi ruangan.

Nah, bagaimana dengan rangkaian acaranya?

Acara dibuka dengan tarian tradisional Jaipong oleh Unit Seni Tari, berlanjut dengan menyanyikan lagu nasional “Indonesia Raya” bersama paduan suara dari STT Bandung. Setelah itu, para hadirin bersama mengheningkan cipta dan dilanjut bernyanyi “Mars STTB”.

Kemudian Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung memaparkan laporan dan prestasi dosen selama tahun 2019. Sambutan dilanjutkan oleh pembina yayasan yaitu Bapak Dr. Dadang Hermawan, dan sambutan dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

Memasuki acara yang ditunggu-tunggu, yaitu materi “Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0.” oleh DR. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A., yang ternyata merupakan putra sulung dari Alm. BJ Habibie.

Bapak Ilham, putra Alm BJ Habibie, selaku Keynote Speaker Wisuda XIV STT Bandung

Wah, pas sekali materinya sebagai bekal bagi wisudawan/wisudawati menghadapi tantangan kehidupan mereka selanjutnya. Kucoba ringkas sedikit ilmu yang tentunya akan bermanfaat juga bagi kita semua, simak ya.

Perkembangan industri 4.0 telah di depan mata. Oleh karenanya, sangat penting peranan teknologi bagi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Selain itu, perlu adanya inovasi dan kewirausahaan untuk menjawab kebutuhan akibat megatrends yang mengubah dunia, antara lain cepatnya urbanisasi, perubahan iklim, pergeseran kekuatan ekonomi global, perubahan demografi dan sosial serta gerakan teknologi.

Empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal untuk masa depan:

  1. Berinvestasi ke Human Capital
  2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
  3. Membina dan mendukung inovasi dan Kewirausahaan.
  4. Meminimalkan kemiskinan

UKM Baru pun berperan di ekonomi inovasi di masa depan, yaitu sebagai:

  1. Penyedia lapangan pekerjaan
  2. Aktor dalam proses teknologi-Inovasi-Kewirausahaan
  3. Kontributor substantial terhadap peningkatan ekspor, daya saing dan produktivitas
  4. Agregator pemerataan kesejahteraan
  5. Stabilisator dan pendorong pertumbuhan.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa masyarakat, terutama yang berusia muda perlu diberdayakan hingga menjadi SDM unggul (terutama di bidang teknologi). Generasi muda ini juga sangat penting peranannya untuk dapat ikut serta aktif di UKM rintisan karena inovasi kewirausahaan adalah kunci untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang.

Lantas, berapakah jumlah wisudawan STT Bandung dan dari program studi apa sajakah?

Total wisudawan angkatan XIV berjumlah sekitar 209 orang, dengan komposisi sebagai berikut:

  1. Wisudawan Prodi Teknik Industri sebanyak 113 orang.
  2. Wisudawan Prodi Teknik Informatika sebanyak 70 orang.
  3. Wisudawan Prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 26 orang.

Dari masing-masing program studi, terpilihlah satu wisudawan terbaik maupun skripsi terbaik pilihan. Wah, jadi penasaran, siapa saja yang berhasil meraih gelar terbaik ini?

Program Studi Teknik Industri:

Wisudawan terbaik dari Prodi Teknik Industri diraih oleh Dheyu Laksmi Wulandari, S.T.

Sedangkan pemilik skripsi terbaik dari prodi TI ini adalah:
1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Dengan judul: “Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

2. Indra Rukmana, S.T
Dengan judul: “Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linea Programming

3. Zaenal Uyun, S.T
Dengan judul: “Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering”

Program Studi Teknik Informatika:

Untuk Prodi Teknik Informatika, wisudawan terbaik diraih oleh Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom.

Untuk peraih skripsi terbaik diraih oleh:
1. Deri Hermawan, S.Kom.
Dengan judul: “Aplikasi 3D Virtual Reality sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android

2. Regina Sukma Citra, S.Kom.
Dengan judul: “Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web

3. Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom.
Dengan judul: “Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik Kwh Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroller”

Intermezzo, dari sekian judul skripsi di atas, kenapa aku jadi sangat tertarik mengenai ujaran kebencian di sosial media, ya, jadi pingin baca skripsinya, hihihi.

Terakhir, bagaimana dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual:

Ternyata, di Prodi ini wisudawan terbaik adalah Tiffani Zeta D, S.Ds.

Untuk peraih skripsi terbaik DKV adalah:

  1. Andri Setiawan, S.Ds. dengan judul “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
  2. Bagus Arya Suseno, S.Ds. dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
  3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds. dengan judul “Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung
Foto oleh Vie PBJA

Selain itu diadakan juga penandatanganan Mou antara STT Bandung dengan PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga dan Biofarma.

Baru kemudian di penghujung acara, dipersilakan kepada perwakilan wisudawan untuk memberikan kesan selama belajar di STT Bandung. Kemudian diikuti dengan pengucapan janji wisudawan. Juga episode yang paling mengharu biru saat pemberian apresiasi dan puisi untuk para orang tua. Masya Allah.

Terbayanglah semua rekam jejak momen masa laluku ketika menjalani wisuda. Huwaaa ….

Penutupan acara yaitu dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan “Bagimu Negeri“, “Syukur” kemudian diakhiri pembacaan doa.

Luar biasa, ya. Aku salut dengan susunan acaranya yang rapi, bukan sekedar wisuda, tapi terutama dengan materi yang diberikan special keynote speaker dapat bermanfaat untuk semua hadirin, juga kita semua sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Kuucapkan selamat untuk semua wisudawan. Selamat untuk rekan-rekan blogger yang turut hadir serta di sana. Selamat untuk para orang tua yang pastinya bangga dengan prestasi anandanya tercinta.

Kepada para wisudawan, Adik-Adikku tersayang: Manfaatkanlah ilmu yang telah didapat supaya bermanfaat bagi pribadi, masyarakat, bangsa dan negara serta agama. Di pundakmu masa depan bangsa ini, Adik-Adikku.

Liputan online: Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIV, Campus of Innovation, Campus of Technology, Campus of Design, Campus of Creativity, Campus of Future Leader.

#tulisanemmy

#STTBandung

#WisudaXIVSTTBandung

#CampusofInnovation

#CampusofTechnology

#CampusofDesign

#CampusofCreativity

#CampusofFutureLeader

Published by emmy

Seorang working mom yang juga mempunyai hobi menulis. Anggota Pasukan Blogger Joeragan Artikel, Tapis Blogger dan komunitas menulis lainnya.

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.